Sabtu, Mei 23, 2015

Tips Hemat Internet Kuota

Hallo semua, gw yakin beberapa dari kalian mulai sebel sama tarif internet baru-baru ini. Selain hilangnya paket true unlimited, internet kuota harganya mulai bikin emosi. Yang lebih parah adalah skema kouta malam. Jujur gw udah sangat kecewa sama perkembangan tarif internet mobile broadband.

Dirumah gw, internet itu dishare (gw pake bolt) via router TP-Link MR3420. Saat paket true unlimited hilang gw lakuin beberapa trik seperti limit bandwidth supaya kuotanya cukup sampe akhir bulan. Efek samping nya jelas dengan penurunan lebar bandwidth kecepatan internet juga berkurang. Ngga terlalu lemot sih, bagi gw browsing dengan kecepatan 384kbps sudah cukup.

Saat kebijakan internet kuota dirubah jadi ada kuota malamnya, gw mulai rada males sebenernya pake mobile broadband lagi. Pengen rasanya gw ganti jadi internet kabel, dengan bayar 200k rupiah gw rasa cukup worthed, lebih mahal ngga kenapa lah yang penting ngga bakal kehabisan kuota sampai pindah bulan. Yang paling parah dari kouta malam ini adalah jumlah kuota utama yang lebih kecil dari kuota malam. Dari catatan gw cuma bolt paket 200 yang kuota utamanya 16% lebih banyak dari kuota malamnya.

Supaya internet yang kita pake masuk ke kuota malam, pengguna diwajibkan buat restart koneksi modemnya. Kalo internet lo dishare pake router jelas ini sangat ribet. Dan lo harus terjaga diwaktu perpindahan kuota. Trik supaya lo bisa melewati perpindahan kuota tanpa was-was adalah dengan menggunakan timer listrik, jadi lo tinggal set waktunya aja.

Jadi misal gini kuota malam bolt aktif dari jam 01.00 - 08.00, pada jam 00.45 timer harus lo set mati dan hidup pada jam 01.15. Kenapa gw kasih jeda 30 menit? supaya memastikan bener-bener masuk ke kuota malam. Begitu juga waktu habis nya, timer mati jam 07.45 dan hidup lagi 08.15. Dengan begini seharusnya lo ngga akan mengalami kuota utama kepotong saat kuota malam.

Kalo gw setingannya begini,
  • 16.00 - 22.00 (Karena baru ada orang dirumah sekitar jam 4 sore, dan pada tidur jam 9an)
  • 01.15 - 07.45 (Jam aktif kuota malam, dan rumah mulai kosong jam 7an

Saat sabtu dan minggu biasanya gw hidupin 24 jam atau tergantung ada orang atau ngga dirumah.

Oh iya, alat dan bahan yang gw pake router TP-Link mr3420 untuk share koneksi wifi, timer listrik untuk ngatur waktu, dan modem usb stick. Inget ya harus modem usb stick, karena saat router mati modem usb akan ikut mati. Beda dengan modem mifi macam MF90 nya bolt, karena dia pake battery jadi saat router mati mifi nya tetep hidup dan tujuan untuk restart koneksi modem jadi ngga terlaksana.







Akhirnya gw memutuskan untuk meninggalkan bolt, perubahan paket pertanggal 5 mei bikin gw sakit hati. Udah kuota disunat, masa aktif juga dipotong, gila banget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar