Rabu, Juni 15, 2011

INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER DITINJAU DARI SEGI KOMPUTER

Ada 2 bentuk perbadaan utama interaksi :
  • Batch – Ketika sejumlah besar data harus dibaca/diproses dalam mesin, pengguna hanya sedikit dibutuhkan campur tangannya.

  • Interaktif – Ketika pengguna menggunakan komputer sepanjang waktu.


Sistem Komputer Secara Umum

Sistem komputer memiliki beberapa peralatan seperti : Layar, Keyboard, dan Mouse. Peralatan – peralatan ini yang menentukan gaya interaksi yang didukung oleh sistem, jika kita menggunakan peralatan yang berbeda, maka interaksi antarmuka akan mendukung gaya yang berbeda.

Peralatan Masukan Teks

  • Keyboard: Sebuah alat yang memiliki layout terstandarisasi (QWERTY).​

Keyboard yang lain:

      • Chord keyboard - Huruf diketikkan sebagai kombinasi dari penekanan tombol.

      • Alfabetik - Tombol-tombolnya diatur berdasarkan atas urutan abjad.

      • Dvorak - Huruf yang sering dipakai ditempatkan pada jari-jari yang dominan.

  • Pengenal tulisan tangan – Teks yang ditulis dengan tangan dapat dimasukkan kedalam komputer, menggunakan sebuah pena komputer dan tablet digital.

  • Pengenal suara – Alat tersebut menjanjikan, namun hanya sukses dlam situasi terbatas – pengguna tunggal, sistem kosa kata terbatas.


Peralatan Penempatan Posisi dan Penunjuk

  • Mouse: Peralatan untuk memindah dan menunjuk posisi di layar, mudah digunakan.

    • Karakteristik

      • Pergerakannya mendatar. Dan memiliki dua pendeteksi gerakan, Manual dan Optik.

      • Adanya tombol-tombol (biasanya ada 1 sampai 3 tombol di bagian atas, digunakan untuk melakukan pilihan, mengindikasikan suatu pilihan atau untuk mengawali gambar, dan lain-lain)

  • Joystik – Posisi dari joystik berhubungan dengan posisi kursor, tekanan pada stik/batangnya berhubungan dengan kecepatan kursor.

  • Trackball – Bekerja seperti mouse yang terbalik, bola bergerak pada rumahan statisnya sebagai gerak relatif yang menggerakkan kursor.

  • Touchscreen – Mendeteksi adanya jari-jari atau pena untuk menulis dilayar, bekerja dengan interupsi matriks dari semburan cahaya atau dengan perubahankapasitas atau refleksi ultrasonik.

  • Light pen (pena cahaya) – Pena manyentuh layar dan mendeteksi pancaran cahaya dari fosfor layar selama pemindaian layar.

  • Tablet digital – Tablet tahanan (resistive tablet) mendeteksi titik temu diantara 2 lapisan yang terpisah.

  • Cursor Keys – Empat tombol anak panah pada keyboard.

  • Key Mouse – Sebuah tombol tunggal yang bekerja seperti joystick isometrik.

  • Thumb Wheels – Dua lempeng pengatur ortogonal untuk mengatur posisi kursor.

  • Dataglove – Sarung tangan khusus dengan sensor serat optik.

  • Eyegaze – eadset mendeteksi gerakan mata pengguna untuk mengontrol kursor.


Peralatan Output

Layar Komputer: Biasanya layar komputer menggunakan CRT (Cathode Ray Tube), sebuah aliran elektron yang dipancarkan dari pemancar elektron (electron gun), difokuskan dan diarahkan oleh medan magnet, mengenai layar yang dilapisi fosfor yang membuatnya bersinar. Peralatan output alternatif : Visual dan Auditory (bunyi)


Pencetakan

Printer: Teknologi pencetakan popular yang membentuk karakter-karakter pada kertas yang dicetak, seperti terlihat pada layar, sebagai serangkaian titik-titik (dot). Dan dot-nya, diukur dalam dot per inchi (dpi).

Jenis-jenis Printer: Printer dot-matrix, Printer ink-jet dan buble-jet, Printer suhu, Printer laser.


Font

Font mengacu pada gaya teks tertentu. Jenis-jenisnya ada banyak, beberapa contoh adalah seperti: Verdana, Arial, Castellar, Time News Roman, Tahoma, dan lain-lain.


Scanner dan Pengenal Karakter Optik

  • Scanner: Sebuah alat pemindai kertas dan mengubahnya dalam bentuk bitmap. Terdapat dua jenis scanner:

      • Flat-bed (scanner besar): kertas ditempatkan pada lempengan gelas, keseluruhan halaman dikonversikan kedalam bitmap

      • Hand-held (scanner genggam): Scanner yang biasanya memiliki lebar 3-4 inchi.

  • Optical Character Recognition (OCR): Sebuah alat untuk mengkonversikan bitmap kembali ke dalam bentuk teks. Sistem yang lebih kompleks akan mensegmentasi teks, memilahnya kedalam garis dan sudut, dan menguraikan karakter-karakternya.


Memory

  • Random Acces Memory (RAM): Memory yang di akses secara acak dan datanya ditransfer pada kecepatan 10 Mbytes/detik. Waktu akses 100 nano second, biasanya data akan hilang jika listriknya dimatikan).

  • Disk: Sebuah memori jangka panjang. Mempunyai dua jenis, yaitu magnetik dan optik,


Format Penyimpanan

  • ASCII – kode biner 7-bit secara unik menandai setiap huruf dan karakter.

  • RTF (Rich Text Format) – mengandung teks dengan performatan dan informasi layout.

  • SML (Standard Markup Language) – dokumen diperlakukan sebagai objek terstruktur.

  • Multiple Storage Format– untuk bitmap dan citra (postscrip, GIFT, TIIF, PICT, JPG, dll).

  • QuickTime – untuk format citra dan video, untuk apple Machintos.


Kecepatan Prosesor

Terdapat beberapa masalah yang berhubungan dengan kecepatan processor, yaitu:

  • Overshooting (terlalu banyak tombol ditekan), Karena sistem menyimpan sementara (buffer) tombol keyboard yang ditekan pengguna.

  • Icon wars (perang ikon), Pengguna mengklik ikon, lalu tak terjadi apa-apa, menklik yang lain, lalu sistem merespons dan window bermunculan dimana-mana. Juga menjadi masalah jika sistem terlalu cepat.


Batasan–Batasan Kinerja Interaktif

  • Batasan komputasi – Komputasi memakan waktu, menyebabkan kelelahan pada pengguna.

  • Batasan saluran penyimpanan – Kemacetan dalam transfer data dari disk ke memori.

  • Batasan grafik – Mengupdate layar membutuhkan banyak usaha .

  • Kapasitas Jaringan – Kinerja interaktif kadang terkunrangi dengan jaringan yang rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar