Rabu, Juni 15, 2011

FAKTOR PENDEWASAAN HCI

Human Computer Interaction (HCI)

Human computer interaction (HCI) merupakan suatu ilmu multidisiplin, banyak factor yang secara langsung mempengaruhinya. Ada beberapa factor ikut mendewasakan dan mengembangkan interaksi manusia dan computer.


Faktor-faktor pendewasaan HCI yaitu:

  • Faktor-rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak bisa didefinisikan sebagai insntruksi-instruksi yang bila dieksekusi akan memberikan fungsi dan kerja yang diinginkan, seperti struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi informasi secara proporsional serta dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program.

  • Faktor Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan merupakan suatu bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berfikir manusia dengan mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran.

  • Faktor Linguistik Komputesional

Peran bahasa yang digunakan sebagai antarmuka sangat penting, karena memudahkan user dalam menggunakan sistem dan agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam penggunaannya. Komposisi bahasa yang baik memudahkan user dalam memahami sistem.

  • Faktor Psikologi

Pemahaman psikologi terhadap seseoran gyang akan menggunakan sistem sangat dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer, karena setiap user mempunyai sifat dan kelakuan yang berbeda. Faktor ini juga mencakup pengetahuan dan keahlian pengguna dalam memecahkan masalah.

  • Faktor Multimedia

Multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer.

  • Faktor Antropologi

Faktor ini memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing.

  • Faktor Ergonomik

Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.

  • Faktor Sosiologi

Sosiologi berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial. Faktor ini merupakan konteks dari suatu interaksi.

  • Faktor Penulisan

Program yang dibuat membutuhkan cara manual agar orang yang belum terbiasa menggunakann program tersebut dapt mempelajarinya terlebih dahulu agar kemudian dapat terjadi interaksi yang baik antara manusia dengan komputer.

  • Faktor Matematika

Dalam pembuatan sebuah perangkat lunak harus yang bersifat efisien di dalam dunia perhitungan matematika. Jika perangkat lunak yang kita buat dapat digunakan oleh semua orang, baik bagi pemula maupun yang sudah menjadi ahli, maka terdapat unsur kemudahan dari segi hitungan.

  • Faktor Bisnis

Faktor ini mempengaruhi perkembangan interaksi manusia dan komputer. Produk yang dibuat memudahkan terjadinya interaksi manusia dan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar