Rabu, Juni 15, 2011

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER BERDASARAN INTERAKSINYA

Pengertian Interaksi

Interaksi adalah suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih objek memengaruhi atau memiliki efek satu sama lain.


Kerangka Kerja Interaksi

Kerangka kerja umum pemahaman interaksi :

    • Tidak hanya dibatasi untuk sistem komputer elektronik

    • Mengidentifikasi semua komponen utama yang terlibat dalam interaksi

    • Mengizinkan pembebanan komparatif dari sistem


Ergonomi

Ergonomi biasanya digunakan untuk pendefinisian standar dan pedoman pembatasan tentang bagaimana kita mendesain aspek tertentu dari sistem

Gaya Interaksi

Beberapa gaya umum gaya umum yang sering digunakan :

    • Antarmuka baris perintah (command lines)

    • Menu

    • Bahasa sehari-hari (natural language)

    • Pertanyaan/jawaban dan dialog pertanyaan (query)

    • Borang isian (form filling)

    • Lembar kerja

Pertama kali yang ada adalah VISICALC (awal 1980), Lalu muncul Lotus, Lalu yang umum dipakai sekarang ini EXCEL

    • WIMP (Windows, Icons, Pointers, dan Menus)

  • Windows : daerah pada layar yang berlaku seperti halnya mereka itu merupakan terminal yang mandiri. Dapat menganduk teks atau grafik. Dapat digerakkan atau dirubah ukurannya. Dapat saling menumpuk (overlapping) atau ditempatkan bersebelahan (tiled). Menggunakan scrollbars dan title bars.

  • Icons : Gambar atau citra kecil. Digunakan untuk mempresentasikan beberapa objek dalam antarmuka, seringkali sebauh window

  • Pointers : untuk pemilihan atau penunjukkan (pointing) sesuatu seperti misalnya ikon dan item-item menu. Untuk melakukkan ponting biasanya digunakan mouse. Joystick, trackball, tombol kursor ataupun keyboard shortcut juga menggunakannya.

  • Menus : Tawaran di layar mengenai pemilihan operasi atau layanan yang dapat dilakukan sistem. Membutuhkan opsi yang dipilih lewat pointer.


Konteks Sosial dan Organisasi

Interaksi dipengaruhi oleh konteks sosial dan organisasi di bawah ini :

    1. Untuk orang lain - keinginan untuk menjadikan berkesan, kompetisi, ketakutan dari suatu kegagalan

    2. Motivasi – ambisi, kepuasan diri

    3. Sistem yang tidak cukup mewadahi interaksi ini dapat menyebabkan frusatsi dan berkurangnya motivasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar