Rabu, Juni 15, 2011

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER DITINJAU DARI SEGI MANUSIA

Manusia

adalah elemen terpenting dalam interaksi manusia dan komputer, yaitu sebagai subjek sekaligus sebagai objek serta sebagai sistem pemroses informasi


1. Saluran Input Output

  • Pandangan (vision)

  • Alat fisik: Mata

mekanisme untuk menerima cahaya dan mentransformasikannya ke dalam energi elektronik

  • retina

retina mengandung rods untuk pandangan cahaya lemah dan cones untuk pandangan berwarna


2. Interpretasi Sinyal

  • Ukuran dan Kedalaman

    • sudut pandangan mengindikasikan seberap banyak area dari pandangan objek yang tertangkap

    • ketajaman pandangan adalah kemampuan untuk mempersepsikan detil yang sangat baik (terbatas)

  • Kecemerlangan cahaya (brightness)

    • reaksi yang bersifat subjektif pada level-level cahaya

    • ketajaman pandangan meningkat dengan semakin besarnya kejelasan sebagaimana halnya kekeruhan pandangan meningkat dengan semakin besarnya kedip (ficker) yang terjadi.

  • Warna

    • terbentuk dari hue (corak), intensity (intensitas), & saturation (kejenuhan)

    • cones sensitif terhadap panjang gelombang warna


3. Membaca

  • pola visual terpersepsikan

  • di decode (pecahkan sandinya) menggunakan representasi internal bahasa

  • diinterpretasikan menggunakan pengetahuan dari sintaks, semantik dan pragmatik


4. Mendengarkan

Alat fisiknya :

  • telinga bagian luar – melindungi telinga bagian dalam dan menguatkan suara

  • telinga bagian tengah – mentransmisikan gelombang suara dalam bentuk getaran ke telinga bagian dalam

  • telinga bagian dalam – pemancar (transmitter) kimiawi dilepaskan dan ini menimbulkan impuls dalam syaraf pendengaran


5. Sentuhan

Stimulus diterima melalui penerima(receptors) dalam kulit:

  • Thermoreceptors – panas dan dingin

  • Nociceptors – sakit

  • Mechanoreceptors – tekanan (baik tekanan yang hanya seketika atau tekanan yang continue/terus menerus)


6. Gerakan

  • Waktu yang diperlukan untuk menanggapi stimulus: waktu reaksi+waktu gerak

  • Waktu gerak – tergantung pada usia, kebugaran, dll.

  • Waktu reaksi – tergantung pada jenis stimulus


7. Memory

Secara umum ada 3 jenis/fungsi memori :

  1. tempat penyaringan (sensor)

Sebagai buffer untuk menerima rangsang dari indera. Terdiri dari 3 saluran penyaring :

  • iconic : menerima rangsang penglihatan (visual)

  • echoic : menerima rangsang suara

  • haptic : menerima rangsang sentuhan

  1. tempat memproses ingatan (memori jangka pendek)

  • Memori jangka pendek/memori kerja bertindak sebagai tempat menyimpan data sementara, digunakan untuk menyimpan informasi yang hanya dibutuhkan sesaat untuk digunakan kembali kemudian.

  • Kapasitas memori kecil / terbatas

  1. Memori jangka panjang

  • Memori ini diperlukan untuk menyimpan informasi dalam jangka waktu lama

  • Merupakan tempat menyimpan seluruh pengetahuan, fakta informasi, pengalaman, urutan perilaku, dan segala sesuatu yang diketahui.

  • Kapasitas besar / tidak terbatas


8. Berpikir : Pertimbangan dan penyelesaian masalah

  • Pertimbangan (reasoning):

  • deduktif: dipakai untuk mendapatkan kesimpulan logika dari premise (fakta) yang diketahui.

  • induktif: menggeneralisasikan kasus-kasus yang kita lihat untuk mendapatkan informasi yang belum kita ketahui

  • abduktif: dipakai untuk mendapatkan sebab dari suatu kejadian

  • Penyelesaian masalah (problem solving)

Adalah proses untuk mencari solusi dari suatu task yang belum pernah dikenal sebelumnya, dengan menggunakan pengetahuan yang kita miliki


9. Akuisisi Keterampilan

Aktifitas berketrampilan dicirikan oleh :

  • Penggumpalan (chunking) : banyak informasi digumpalkan untuk mengoptimasi memori jangka pendek

  • Pengelompokan masalah secara konseptual dan informasi disusun secara efektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar