adalah elemen terpenting dalam interaksi manusia dan komputer, yaitu sebagai subjek sekaligus sebagai objek serta sebagai sistem pemroses informasi
1. Saluran Input Output
-
Pandangan (vision)
-
Alat fisik: Mata
mekanisme untuk menerima cahaya dan mentransformasikannya ke dalam energi elektronik
-
retina
retina mengandung rods untuk pandangan cahaya lemah dan cones untuk pandangan berwarna
2. Interpretasi Sinyal
-
Ukuran dan Kedalaman
-
sudut pandangan mengindikasikan seberap banyak area dari pandangan objek yang tertangkap
-
ketajaman pandangan adalah kemampuan untuk mempersepsikan detil yang sangat baik (terbatas)
-
Kecemerlangan cahaya (brightness)
-
reaksi yang bersifat subjektif pada level-level cahaya
-
ketajaman pandangan meningkat dengan semakin besarnya kejelasan sebagaimana halnya kekeruhan pandangan meningkat dengan semakin besarnya kedip (ficker) yang terjadi.
-
Warna
-
terbentuk dari hue (corak), intensity (intensitas), & saturation (kejenuhan)
-
cones sensitif terhadap panjang gelombang warna
3. Membaca
-
pola visual terpersepsikan
-
di decode (pecahkan sandinya) menggunakan representasi internal bahasa
-
diinterpretasikan menggunakan pengetahuan dari sintaks, semantik dan pragmatik
4. Mendengarkan
Alat fisiknya :
-
telinga bagian luar – melindungi telinga bagian dalam dan menguatkan suara
-
telinga bagian tengah – mentransmisikan gelombang suara dalam bentuk getaran ke telinga bagian dalam
-
telinga bagian dalam – pemancar (transmitter) kimiawi dilepaskan dan ini menimbulkan impuls dalam syaraf pendengaran
5. Sentuhan
Stimulus diterima melalui penerima(receptors) dalam kulit:
-
Thermoreceptors – panas dan dingin
-
Nociceptors – sakit
-
Mechanoreceptors – tekanan (baik tekanan yang hanya seketika atau tekanan yang continue/terus menerus)
6. Gerakan
-
Waktu yang diperlukan untuk menanggapi stimulus: waktu reaksi+waktu gerak
-
Waktu gerak – tergantung pada usia, kebugaran, dll.
-
Waktu reaksi – tergantung pada jenis stimulus
7. Memory
Secara umum ada 3 jenis/fungsi memori :
-
tempat penyaringan (sensor)
Sebagai buffer untuk menerima rangsang dari indera. Terdiri dari 3 saluran penyaring :
-
iconic : menerima rangsang penglihatan (visual)
-
echoic : menerima rangsang suara
-
haptic : menerima rangsang sentuhan
-
tempat memproses ingatan (memori jangka pendek)
-
Memori jangka pendek/memori kerja bertindak sebagai tempat menyimpan data sementara, digunakan untuk menyimpan informasi yang hanya dibutuhkan sesaat untuk digunakan kembali kemudian.
-
Kapasitas memori kecil / terbatas
-
Memori jangka panjang
-
Memori ini diperlukan untuk menyimpan informasi dalam jangka waktu lama
-
Merupakan tempat menyimpan seluruh pengetahuan, fakta informasi, pengalaman, urutan perilaku, dan segala sesuatu yang diketahui.
-
Kapasitas besar / tidak terbatas
8. Berpikir : Pertimbangan dan penyelesaian masalah
-
Pertimbangan (reasoning):
-
deduktif: dipakai untuk mendapatkan kesimpulan logika dari premise (fakta) yang diketahui.
-
induktif: menggeneralisasikan kasus-kasus yang kita lihat untuk mendapatkan informasi yang belum kita ketahui
-
abduktif: dipakai untuk mendapatkan sebab dari suatu kejadian
-
Penyelesaian masalah (problem solving)
Adalah proses untuk mencari solusi dari suatu task yang belum pernah dikenal sebelumnya, dengan menggunakan pengetahuan yang kita miliki
9. Akuisisi Keterampilan
Aktifitas berketrampilan dicirikan oleh :
-
Penggumpalan (chunking) : banyak informasi digumpalkan untuk mengoptimasi memori jangka pendek
-
Pengelompokan masalah secara konseptual dan informasi disusun secara efektif